Rabu, 11 Juni 2014



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
Setelah penulis mempelajari teori konsep dan prinsip-prinsip asuhan masa nifas dan pengalaman langsung dari lahan praktek melalui studi kasus tentang asuhan kebidanan pada Ny."A" post SC hari kedua dengan nyeri luka operasi di RSKDIA Pertiwi Makassar, maka disusun kesimpulan dan saran-saran sebagai berikut :
A.   Kesimpulan
a.    Berdasarkan data subjektif pada kasus Ny “A” yaitu nyeri luka operasi maka dapat ditegakkan diagnosa post SC hari kedua  dengan nyeri luka bekas operasi.
b.    Setelah dilakukan pengkajian mulai hari pertama sampai hari ketiga postpartum berlangsung normal, pasien mampu beradaptasi dengan nyeri, tidak terjadi infeksi, dan pada hari ketiga pasien sudah boleh pulang ke rumah.
c.    Pada pelaksanaan asuhan kebidanan yang dimulai dengan pengkajian sampai dengan evaluasi tidak ditemukan adanya hambatan karena adanya kerjasama antara klien dan petugas kesehatan sehingga semua tindakan dapat terlaksana dengan baik.
d.    Pendokumentasian sangat penting dilaksanakan pada setiap tahap dari proses manajemen kebidanan karena hal ini merupakan bukti pertanggungjawaban bidan terhadap asuhan kebidanan yang telah diberikan terhadap klien.
B.   Saran
1.    Tetap menjaga kebersihan diri dan mampu beradaptasi dengan nyeri.
2.    Pasien tetap melakukan perawatan nifas sehari – hari di rumah agar tidak terjadi komplikasi nifas.
3.    Dalam melaksanakan tugas sebagai bidan diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antara petugas kesehatan yang lain, pasein dan keluarga demi tercapainya tujuan yang diinginkan. Memberikan asuhan sesuai dengan kebutuhan klien. 
4.    Setiap tindakan sekiranya dilakukan pencatatan karena pencatatan merupakan bukti fisik dalam melakukan tindakan.












Tidak ada komentar: