Sabtu, 27 Juli 2013

NASKAH KOMUNIKASI DAN KONSELING PADA BUMIL

             
            Seorang perempuan yang  sedang hamil muda, memeriksakan kandungannya  ke puskesmas, dan bidan Ikhwana Kadir yang bertugas saat itu. Ibu devi saat ini sedang hamil tua yang sudah mendekati hari persalinannya dan Bu Devi mengalami keluhan pada kandungannya yang semakin mendekat.
Bu devi : assalamualaikum, selamat pagi J
Bidan : walaikumsalam selamat pagi, mari masuk bu, perkenalkan nama saya bidan ikhwana saat ini saya bertugas dari jam 08.00 – 15.00. sepertinya kita baru bertemu ya bu J, bisakah ibu perkenalkan diri?
 Bu devi : iya bidan, ini kunjungan saya yang pertama di puskesmas ini. Kebetulan suami saya pindah mengajar di SMA yang ada di desa pakatto ini. Saya dari makassar baru pindah tiga hari disini. Nama saya Devi, umur 20 tahun, saya ibu rumah tangga tadinya kuliah jurusan sastra tapi ambil cuti dulu bidan.
Bidan : warga baru ya bu, bu devi masih muda ya J
Bu devi : iya bidan, ini kehamilan saya yang pertama. Tidak lama menikah tuhan sudah beri kami rezki.
Bidan : alhamdulillah ya bu cepat dapat momongan, bolehkah ibu menceritakan kehamilan ibu ini?
Bu devi : begini bidan saat ini kehamilan saya 8 bulan 2 minggu sudah mendekati waktu persalinan yang dokter perkirakan minggu depan. Sebelum pindah saya periksa ke dokter
Bidan : bagus sekali ibu devi  sudah memeriksakan kandungannya
Bu devi : semalam saya merasakan sakit pada pinggang, nyeri sampai tulang belakang.
Bidan : ibu merasa nyeri ya pada pinggang tembus tulang belakang ya bu, terus apa lagi yang ibu rasakan?
Bu devi : selain rasa sakit tadi yang saya rasakan perasaan tidak karuan, suka berpikiran aneh-aneh. Takutnya ada apa-apa dengan kandungan saya.
Bidan : semakin dekat hari melahirkan wajar bu devi punya perasaan tidak tenang , untuk kehamilan bu devi yang semakin mendekat hari melahirkan ibu wajar kalau bu devi merasakan sakit pada tulang pinggang sampai tembus tulang belakang ibu, nah hal itu karena adanya pergeseran dan pergerakan bayi dalam kandungan ibu yang sudah menekan tulang belakang bu devi

Bu devi : begitu ya bidan, jadi bayi dalam kandunganku ini tidak apa-apa kan?
Bidan : bayi dalam kandungan bu devi sudah mencari jalan keluar untuk bu devi melahirkan nanti, kehamilan bu devi kan sudah mendekati hari melahirkan. Kalau boleh saya sarankan bu devi rajin minum air putih dan tidak beraktivitas berat dan melelahkan ya bu
Bu devi : iya bidan saya rajin minum air putih, suami saya juga sangat melarang kerja yang berat apa lagi sampai melelahkan
Bidan : wah bagus sekali ibu devi ini rajin minum air putih, suami ibu devi juga sangat perhatian ya
Bu devi : iya bidan, bidan tinggal di desa ini juga ya?
Bidan : iya bu, saya tinggal disini
Bu devi : kalau begitu bidan siaga ya karena saya mau melahirkan disini saja. Waktu pemeriksaan sebelum pindah kesini , kata dokter kehamilan saya normal posisi bayi dalam kandungan saya juga normal. Alhamdulillah tidak ada masalah
Bidan : owh begitu ya bu, alhamdulillah semua normal ya. Insyaallah kami disini bisa membantu ibu saat melahirkan nanti
Bu devi : kalau begitu saya permisi dulu ya, suami saya sudah jemput diluar.
Bidan : iya bu, hati-hati dijalan ya
Bu devi : iya bidan, terima kasih sudah punya waktu buat saya
Bidan : sama-sama, itu sudah kewajiban saya
Bu devi : assalamualaikum
Bidan : waalaikumsalam J

Tidak ada komentar: