Selasa, 02 Juli 2013

4 TARGET DAN CAKUPAN PROGRAM KIA


4 TARGET dan CAKUPAN PROGRAM KIA
Telah pernah dipaparkan tentang capaian pelayanan pada ruangan kartu, poli umum dan apotek puskesmas. Kini berdasarkan data pelayanan program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Puskesmas Perumnas Kendari, periode Januari-Juni 2009, khususnya kegiatan pokok KIA di dalam gedung dan luar gedung, didapatkan hasil rekapitulasi, sebagai berikut  :
1. KUNJUNGAN IBU HAMIL
  • Ibu hamil yang tercatat melakukan kunjungan pertama (K1) tercapai cakupan 56% dibandingkan target 90%
  • Sedangkan kunjungan terakhir bumil selama kehamilan (K4), tercapai cakupan 51% dibandingkan target 90%
2. KUNJUNGAN NEONATUS
  • Cakupan kunjungan pelayanan neonatus pada awal minggu pertama kelahiran bayi (KN1) telah tercapai 52 % dibandingkan target 80%
  • Demikian juga, cakupan kunjungan pelayanan neonatus setelah minggu pertama kelahiran bayi (KN2) sudah tercapai 52 % dibandingkan target 80%
3. PENJARINGAN BUMIL RISTI
  • Ibu hamil yang berisiko tinggi (bumil risti) seperti: usia dibawah 20 tahun dan diatas 35 tahun, riwayat persalinan operasi, keguguran, dan penyakti menahun, perlu penanganan cepat dan tepat. Kalau perlu dilakukan tindakan rujukan segera kepada fasilitas pelayanan yang lebih memadai.
  • Cakupan pelayanan terhadap bumil risti di wilayah kerja puskesmas, sampai Juni 2009 baru mencapai sekitar 41% dibandingkan target tahunan sebesar 100%
4. PERSALINAN OLEH TENAGA KESEHATAN
  • Tenaga kesehatan yang berkompetensi, seperti: dokter, bidan, paramedis terlatih, wajib melakukan pertolongan persalinan (safe labour) agar risiko penyulit selama persalinan bisa dikurangi dan segera ditindaklanjuti.
  • Cakupan pelayanan persalinan oleh tenaga kesehatan di wilayah kerja puskesmas, sampai Juni 2009 baru mencapai sekitar 52% dibandingkan target tahunan sebesar 80%
Description: Target-Cakupan KIAKESIMPULAN : Sebagian besar kegiatan pokok program KIA Puskesmas Perumnas Kota Kendari, periode Januari-Juni 2009, telah mencapai diatas 50%, kecuali kegiatan penjaringan ibu hamil risiko tinggi (bumil risti) baru mencapai 41%. Persentase ini berdasarkan perbandingan relatif terhadap kunjungan sasaran yang datang ke puskesmas dan jaringan pelayanan puskesmas lainnya. Paparan ini cukup menggambarkan bagaimana situasi mendasar dalam pelayanan KIA di wilayah kerja puskesmas. Namun untuk efektifitas pencapaian target pelayanan, perlu kerjasama terpadu antara sasaran masyarakat, kader dan petugas kesehatan. (pts)


Kunjungan Ulang Antenatal

Kunjungan ulang yaitu setiap kali kunjungan antenatal yang dilakukan setelah kunjungan antenatal pertama.
Kunjungan ulang dilakukan/ dijadwalkan setiap 4 minggu sekali sampai umur 28 minggu. Selanjutnya tiap 2 minggu sekali sampaiumur kehamilan 36 minggu dan setiap minggu sampai bersalin.
INGAT : Wanita hamil seyogyanya melakukan kunjungan antenatal sebanyak 4 kali selama kehamilan.
Kunjungan antenatal pertama : riwayat ibu dan pemeriksaan fisik.
Kunjungan antenatal ulang : pendektesian komplikasi-komplikasi ibu dan janin, mempersiapkan kelahiran dan kegawatan, pemeriksaan fisik yang terfokus dan pengajaran.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kunjungan ulang:
1.       Pihak Ibu
2.       Pihak Bayi
3.       Pemeriksaan Laboratorium/ Penunjang
Pihak Ibu
Riwayat kehamilan sekarang
·         Setiap masalah atau tanda-tanda bahaya : perdarahan vagina, sakit kepala yang hebat, perubahan visual secara tiba-tiba, nyeri abdomen yang hebat, bengkak pada muka/ tangan, gerak janin berkurang.
·         Keluhan-keluhan lazim kehamilan : pegel-pegel, kram pada kaki, sering kencing, pigmentasi kulit, sembelit.
·         Kekhawatiran-kekhawatiran  lain : apakah bayi yang dikandungnya sehat, melahirkan itu sakit.
·         Perasaan ibu pada kunjungan sekarang.
Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik meliputi pemeriksaan tekanan darah; berat badan; tinggi fundus uteri (tafsiran berat janin); auskultasi (mengetahui denyut jantung janin); palpasi abdominal untuk mendeteksi kehamilan ganda (setelah UK 28 minggu); manuver Leopold untuk mendeteksi kedudukan abnormal (setelah 36 minggu).
Pemeriksaan keadaan umum
Pemeriksaan keadaan umum meliputi penampilan; sikap tubuh dan emosi ibu.
Pihak Bayi
Pada bayi yang perlu dikaji adalah gerakan janin; denyut jantung janin (DJJ), dilakukan setelah UK 12 minggu; tafsiran berat janin (TBJ); letak dan presentasi, engagement (masuknya kepala ke panggul); kehamilan kembar/ tunggal.
Laboratorium
Pemeriksaan penunjang laboratorium yang dapat dilakukan pada kunjungan ulang antenatal adalah : Hemoglobin (Hb), hematokrit (Hmt); STS (Serologic test for syphilis) pada trimester III diulang; Kultur untuk gonokokus; Protein urin; Gula dalam darah; VDRL
Pendidikan Kesehatan dan Persiapan Kelahiran serta Kegawatdaruratan
1.       Memberitahu ibu mengenai ketidaknyamanan normal yang dialami.
2.       Menanyakan pada ibu mengenai kondisi nutrisi, tambahan zat besi dan anti tetanus.
3.       Ajarkan ibu mengenai (sesuai umur kehamilan), yaitu pemberian ASI, KB, latihan/ olahraga ringan, istirahat, nutrisi.
4.       Diskusikan mengenai rencana persalinan kelahiran/ kegawatdaruratan.
5.       Ajari ibu tanda bahaya, pastikan ibu memahami apa yang akan dilaksanakan jika menemukan tanda bahaya.
6.       Jadwalkan kunjungan berikutnya.
7.       Mencatat kunjungan dengan SOAP.
Referensi
Pusdiknakes, 2001. Buku 2 Asuhan Antenatal.
Sarwono, 2000. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta

Tidak ada komentar: